Penerapan Pendekatan Student Active Learning dalam Pengajaran Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Indonesia pada Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kahuripan Kediri

Authors

  • Ganes Tegar Derana Universitas Kahuripan Kediri
  • Fitri Mutmainnah Universitas Kahuripan Kediri
  • Harry Sugara Universitas Kahuripan Kediri
  • Imam Suhaimi Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i1.2114

Keywords:

efektivitas pembelajaran, student active learning, manajemen, akutansi

Abstract

Setiap mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia dalam syarat menulis skripsi. Keterampilan menulis siswa yang kurang menjadi perhatian, khususnya bagi dosen Bahasa Indonesia. Dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia, peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran aktif siswa yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini memerlukan siswa untuk aktif berinteraksi dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah di kelas. Tujuan artikel ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif siswa di kelas Manajemen dan Akuntansi di Univ. Kahuripan Kediri. Melalui pendekatan ini, peneliti mendapat hasil yang memuaskan di kelas A, dan hasil yang baik di kelas B. Rata-rata nilai UTS di kelas A adalah 87,14 (A), nilai rata-rata UTS di kelas B adalah 78 (B). Nilai rata-rata UAS di kelas A adalah 88,4 (A), dan nilai rata-rata UAS di kelas B adalah 79,47 (B). Nilai rata-rata tugas formatif di kelas A adalah 88 (A), dan nilai rata-rata tugas formatif di kelas B adalah 78 (B).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Masnurul dkk. 2016. ”Efektivitas Model Pembelajaran Citizen Journalism: Melatih Keterampilan Mahasiwa Dalam Berpikir Kritis dan Kreatif.” Jurnal Pendidikan, Vol.1, No. 2 Desember.
Hudaa, Syihaabul. 2017. “UKBI sebagai Suatu Cara Peningkatan Kesadaran Berbahasa Era Modern.” Prosiding, Ceramah Ilmiah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jakarta: Obor
https://edukasi.kompas.com/read/2010/04/28/16353 552/nilai.bahasa.indonesia.paling.rendah. Diakses Tanggal 20 April 2023

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Derana, G. T., Mutmainnah, F., Sugara, H., & Suhaimi, I. (2023). Penerapan Pendekatan Student Active Learning dalam Pengajaran Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Indonesia pada Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kahuripan Kediri. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 6(1), 46–51. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i1.2114

Issue

Section

Articles